Minggu, 01 Maret 2015

empat type pembelajar


EMPAT TYPE PEMBELAJAR

            Belajar dengan cara  berbedah itulah yang terjadi dalam kehidupan manusia karna kita mempunyai sudut pandang yang berbeda tentang kenyamanan belajar atau kecepatan daya serap otak. pada tahun 1992 dua psikolog asal ingris Alan Honey dan Peter Mumford menyunsun kuesioner mereka yang terkanal dan kini digunakan secara luas untuk menilai gaya belajar perorangan.untuk pembelajaran yang efektif mereka menyarankan bahwa anda harus terlebih dahulu memahami gaya belajar anda; baru kemudian mencari peluang belajaar yang sesuai dengan gaya belajar anda. Honey dan mumford mengidentifikasi empat preferens utama gaya belajar :
1.      Reflector

Yaitu orang belajar dengan mengamati dan berfikir tentang isu – isu Yng berkembang. Mereka lebih suka mengumpulkan informasi dan mempertimbangkannya sebelum mengambil keputusan.

2.      Teoritis
Yaitu orang yang lebih suka memahami teory  terlebih dahulu. Pembelajar jenis menyukai model konsep, dan fakta-fakta sehingga mereka bisa memikirkan jalan keluar dari masalah secara bertahap

3.      Aktivis
Pembelajar mempelajari sagala sesuatu dengan melakukannnya (learning by doing), bekerja sama dengan orang lain, dan siap mengahadapi kesulitan yang menantang.

4.      Pragmatis
Type belajar yang biasanya lebih tertarik cara menerapkan ide ke dalam praktik  bagi mereka teory tidak ada gunanya, kecuali mereka melihat adanya kegunaan praktik dari teory itu.


Mempelajari berbagai macam type ini akan berguna saat anda terapkan pada pekerjaan atau saat anda mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kualifikasi anda. Contohnya saja anda bisa kepada tiaa orang bagaaiaman caranya memasukan angka penjualan bank data di computer dan mendapat respon yang berbeda. Orang pertama mungkin mengerti langsung apa yang anda maksudkan; orang kedua mungkin harus menuliskan  dulu informasi itu ; dan orang ketiga akan memilih untuk mencoba mempraktikannya secara langsung.

 






 


Terapkanlah gaya belajar di atas karna belajar dari sekarang akan mempermudah anda dikemudian hari .







 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar